Rabu, 21 Mei 2014

Musholla Nurullah

Musholla Nurullah - View Tower
Musholla Nurullah, Pare Kediri
Luas Tanah                    : 180 m2
Luas Bangunan             : 275 m2
Lokasi                              : Pare Kediri
Arsitek Prinsipal             : Ricko Pradiantoro, ST
Interior                              : Heru Prasetiyo U, ST
Deskripsi                          :
Musholla Nurullah - View 1
Musholla, adalah sebuah tempat atau rumah kecil yang digunakan sebagai tempat mengaji dan beribadah (sholat) bagi umat muslim. Fungsinya menyerupai Masjid, namun ada beberapa perbedaan antara lain;

  • Tidak dapat digunakan untuk Shollat Jumat
  • Tidak dapat digunakan untuk Itikaf
  • Biasanya milik perseorangan
  • Ukurannya lebih kecil daripada masjid.
Sebuah tempat yang berfungsi sebagai tempat menyembah Sang Khaliq, Allah SWT, haruslah merepresentasikan keagungan,Nya. Tidak melalui seberapa besar bangunan ibadah tersebut, tidak pula dengan seberapa tinggi bangunan melainkan menerjemahkan dengan esensi dari nilai estetikanya.
Musholla Nurullah - View Taman Belakang
Esensi nilai estetika sebuah tempat ibadah dimulai dengan bersih. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Iman kepada Tuhan YME. Oleh karena itu kebersihan adalah hal utama yang dicapai untuk menciptakan bangunan ibadah yang layak. Kedua adalah sifat ke-Agung-an serta ke sederhanaan Tuhan di presentasikan melalui skala bangunan yang lapang, lega, dan tetap ber-sahaja terhadap lingkungan sekitar. Lalu yang ketiga, esensi nilai estetika terhadap tempat ibadah adalah ke-khusyuk-an. Manusia berada dalam tempat ibadah agar dapat ber-ibadah dengan sungguh-sungguh, "khusyuk" tunduk terhadap Allah SWT. Nilai tersebut dapat tercapai apabila ruangan di dalamnya bersih, minim ornamen, pencahayaan cukup dan sejuk menenangkan hati serta pikiran.
Musholla Nurullah - View Interior
Musholla ini memiliki ketiga esensi nilai estetika tersebut. Tampilan serta ruang dalamnya bersih, lega, luas dan memiliki kolam sederhana pada bagian samping shof sholat. Bangunan yang sengaja di desain tidak menggunakan pendingin ruangan, maka sistem cross ventilation diterapkan disini. Serta ceiling yang tinggi berfungsi untuk mengeluarkan hawa panas dari dalam ruangan keluar. Dengan begitu, terciptanya nuansa beribadah yang bersih, tenang, sehat, aman dan nyaman.
Musholla Nurullah - View Depan

1 comments:

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum wrwb,

Boleh minta no contact hp,atau email yg bisa dihubungi ?
kalamharun@gmail.com

terima kasih

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More