Rabu, 02 Januari 2013

Folded House

Folded House - Perspective view 1

Folded House
Luas Tanah       : 180 sqm
Luas Bangunan : 155 sqm
Arsitek             : M. Akbar Amal A, ST
Lokasi              : Griya Pondok Jati, Sidoarjo
Tahun               : 2012

"Size it doesn't matter". Kecil bukan berarti tak bisa bermakna, tidak ekspresif. Meskipun proyek rumah tinggal ini hanya memiliki luas 155 meter persegi, namun kami mendesainnya dengan konsep, ide yang spesial. Terinspirasi dari lipatan, perpotongan origami, begitulah ide dari fasade rumah ini. Konsep semacam ini dibuat lantaran rumah-rumah tetangga yang memiliki desain tipikal. 

Folded House - Perspective view 2
 Pemilihan warna putih sebagai warna dominan dipertimbangkan agar bangunan ini terlihat menonjol dari sekelilingnya, namun masih terkesan natural. Selain itu, warna putih juga mampu menampilkan ekspresi lipatan-lipatan yang timbul akibat efek pembayangan. Hal ini juga mendukung permintaan klien yang meminta agar rumahnya low-maintenance.
Folded House - Perspective view 3
 Lahan kecil dan juga pembagian modul yang sudah jelas karena renovasi yang dilakukan tidak menginginkan merubah banyak strukturnya menuju pada pemilihan konsep dua massa, besar dan kecil. Konsep massa yang demikian ini membuat bangunan tidak terlihat terlalu terbagi-bagi (kecil), proporsional.
Folded House - Interior view 1
Rancangan interior yang memiliki lantai dua dengan level yang tidak terlalu tinggi membuat skala ruang menjadi skala akrab, namun tetap terasa lapang berkat desain bukaan-bukaan agar cahaya alami bisa masuk ke dalam ruangan rumah. Selain itu desain tangga yang berupa plat-plat beton membuat ruang tangga menjadi tidak gelap dan tangga berkesan ringan. Kecil bukan berarti tidak bermakna. Kecil tidak selalu membuat tertekan.
Folded House - Interior view 2

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More