A House (Breathing House)

A House - Front View
A House
Project                       : Housing
Lokasi                        : Sidoarjo, East Java
Luas Bangunan           : 65 m2
Luas Tanah                 : 112.5 m2
Tahun                         : 2012
Arsitek                       : Ricko Pradiantoro, ST (creative studio architect)                                  


A House - Perforated Brick Wall
Rumah yang berlokasi di jantung kota atau bisa disebut dengan urban house, memiliki luasan yang sangat terbatas dengan konsep yang kompak. Dengan kata lain, lahan terbatas tidak menjadi halangan untuk memiliki konsep rumah yang sehat dan layak untuk dihuni. Hal ini dapat dicapai apabila adanya kerjasama dari arsitek dengan klien yang menghuni rumah tersebut. Kebanyakan masyarakat membangun sebuah rumah tanpa perencanaan dilahan terbatas adalah pilihan yang kurang tepat. Maka diperlukan perencanaan yang matang serta tepat guna. Luasan ruang berbanding lurus dengan kebutuhan ruang pada sebuah bangunan. Dengan kata lain kebutuhan ruang sangatlah berpengaruh dengan efektifitas kegiatan didalam rumah dan luasan ruang yang dapat di kombinasikan dengan beberapa fungsi kegiatan dalam satu ruang dapat menjadi sebuah solusi.

A House - Living Room
Selain menciptakan sebuah hunian yang nyaman, diperlukan aliran angin dan cahaya matahari untuk menciptakan hunian yang sehat. Menangkap angin melalui diniding perforated brick wall lalu di teruskan kedalam area taman tengah atau courtyard. Taman ini berfungsi sebagai elemen hidup kedalam ruangan keluarga yang menjadi pusat aktivitas penghuni. Selain itu taman berfungsi menampung kegiatan hobby penghuni yang suka bercengkerama menghirup udara segar di pagi hari.

A House - Kitchen Pantry
Ruang keluarga di support oleh ruangan lainnya, semisal dapur dan pantry. Apabila ada acara besar, maka penghuni dengan mudah menyajikan santapan kepada tamu tanpa mengganggu aktivitas ruangan lainnya.

A House - Living Room


A House - Studio
Rumah ini memiliki mezzanine yang berfungsi sebagai studio kerja, dimana posisi tangga menjadi akses dan aksen yang menarik pada ruang utama di Rumah ini. Didukung struktur plat baja 8mm yang dicat powder coating berwarna kuning. Ruang Kerja termasuk memanfaatkan ruangan yang terbatas di void rumah.

A House - Bed Room

Komentar

  1. Mantab om :) ini jadi terbangun om?

    BalasHapus
  2. dalam progress om.. terima kasih apresiasinya

    BalasHapus
  3. Biaya desain per m2 brp?
    Mohon dikirim penawaran harga ke cadisusilo@gmail.com
    Terima Kasih

    BalasHapus
  4. sudah saya email, coba d cek pak, terima kasih

    BalasHapus
  5. minta tolong dikirim juga dong biaya desain per m2 nya ke email saya iconk2005@yahoo.com

    apakah selain desain juga bisa konstruksi?

    trims,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer