Rabu, 04 Juli 2012

SPLIT House


Split House - Perspective Detail Perforated Metal

SPLIT House
Project                       : Housing
Lokasi                        : Bintaro, Jakarta
Luas Bangunan           : 215m2
Luas Tanah                 : 125 m2
Tahun                         : 2012
Arsitek                       : M. Akbar Amal A, ST (creative studio architect)
                                   Ricko Pradiantoro, ST
                                              
Split House - Perspective


Suatu rumah terkadang tidak hanya dihuni oleh satu generasi saja, namun bisa saja diteruskan ke generasi-generasi selanjutnya. Seperti halnya pada rumah keluarga yang berlokasi di bintaro, Jakarta ini. Dengan lahan seluas 13,5 m x 9,85 m, berdiri sebuah rumah yang ingin direnovasi oleh pemiliknya namun dengan tuntutan agar rumah tersebut bias mengakomodasi kedua anaknya yang kini semua telah berkeluarga. Renovasi yang dilakukan pada rumah ini menggabungkan dua rumah menjadi satu unit. Dengan menempatkan unit utama di depan sedangkan unit kedua berada di belakang. Karena rumah ini serasa di bagi menjadi dua, maka dapat disebut dengan Split House atau rumah terbagi. 

Rancangan Split House yang merupakan penyatuan dari dua unit rumah ini bisa dianalogikan seperti sebuah flat dimana dengan lahan dan ukuran yang sangat terbatas, namun harus mampu mengakomodasi semua kebutuhan ruang yang diperlukan penghuni. Sebuah inspirasi pula bagi mereka yang ingin menyiasati rumah di lahan sempit.

Split House - Perspective

Ruang-ruang yang ada di dalam rumah ini terdiri dari ruang keluarga, kamar tidur anak, kamar tidur utama dan dapur serta perabotnya. Dimana orientasi pemilik menjadi hunian kompak, karena terbatasnya lahan dan dana sang pemilik. Secara estetika, menggunakan material un-finished atau material ekspose yang terdiri dari batu bata ampas tebu, beton cor, plat baja perforated yang menjadi tumbuhnya tanaman rambatan sehingga menjadi sunscreen yang ‘hidup’ serta kayu bengkirai sebagai soft element hunian. Pemilihan konsep yang demikian, di samping untuk menekan dana namun juga agar bangunan dapat berekspresi sebagai bangunan Urban dan juga respon terhadap lingkungan yang mana menjadi salah satu misi dalam setiap bentuk rancangan kami. 

Split House - Detail

Rumah yang terletak di sisi hoek ini mengharuskan memiliki dua muka, dimana salah satu mukanya menghadap arah Barat yang seperti kita ketahui di wilayah tersebut memiliki panas yang berlebih. Oleh karena itu, Ruang yang menghadap sisi tersebut dibuatkan semacam ruang insulasi yang terlindungi oleh kisi-kisi dari kayu bekas bekisting yang difinish ulang. Sedangkan di lantai 1, ruangnya terdiri dari ruang-ruang yang "pantas" dihadapkan pada sisi Barat,  seperti dapur dan kamar mandi. Hal-hal semacam itu menjadi perhatian kami dalam merancang rumah ini agar rumah tetap memiliki kenyamanan termal. 

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More